Album Review: VIXX – Shangri-La (桃源境)

Setelah sukses menyelesaikan proyek Conception pada tahun lalu, VIXX menandakan kedatangannya kembali ke blantika musik K-pop di akhir musim semi. Foto teaser yang indah mengawali era Shangri-La dengan konsep bunga kelahiran dan batu kelahiran dari masing-masing anggota. Tak hanya menghadirkan foto teaser, N sebagai leader dari VIXX menampilkan performa dansa interpretatif yang mengagumkan. Perpaduan komposisi budaya tradisional dan modern menjadi konsep yang diangkat oleh VIXX kali ini.

Do_Won_Kyung.jpg_(EP)_cover.jpg
VIXX
2017/Jellyfish Entertainment
Genre: K-pop, Dance Pop

Tracklist:
1. Shangri-La (桃源境)*
2. Into the Void
3. Black Out
4. 1, 2, 3, 4, 5
5. To Us

VIXX kembali mengukuhkan fleksibilitas mereka dalam mengadopsi konsep yang beraneka ragam. Konten musik dari mini album ke-4 mereka juga bervariasi mulai dari genre musik kontemporer hingga ballad yang membuat hati luluh. Pada era Shangri-La pula, perkembangan kemampuan bernyanyi dari vocal line VIXX semakin signifikan, terutama dari Hongbin dan Hyuk.

Petualangan oriental dari masa lampau dibuka dengan title track yaitu ‘Shangri-La (桃源境)’. Petikan intrumen tradisional asal Korea yaitu Gayageum dilantunkan bersama dengan musik elektro pada awal lagu. Masing-masing vokalis juga mendapatkan porsi untuk memamerkan ad-libs dan melakukan harmonisasi suara. Bagian bridge dari ‘Shangri-La’ dapat dikatakan unik karena syncopation nada yang dinyanyikan oleh N.

Kekuatan dari lagu ‘Shangri-La’ tidak hanya terletak pada vokal atau rap yang lembut, tetapi juga music video dan koreografi dansa. Music video yang aesthetically pleasing mampu memanjakan mata pada setiap adegannya. Koreografi dansa yang menggunakan kipas tradisional terlihat elegan di antara kelopak bunga yang bertebaran. Dengan lirik yang sensual, lagu ‘Shangri-La’ mampu mengilustrasikan Shangri-La yang konon merupakan utopia di wilayah Himalaya pada novel Lost Horizon karangan James Hilton.

Bulu remang pendengar segera berdiri ketika intro ‘Into the Void’ yang misterius dimainkan. Alunan strings yang dramatis dan melodi piano yang melankolis menjadi pilar penting dari ‘Into the Void’. Suara rendah dari Ravi sebagai rapper yang diselipkan di beberapa bagian lagu menambah kelabunya suasana. Fans VIXX banyak menganggap bahwa lagu ini menunjukkan karakteristik VIXX yang lekat dengan konsep yang kelam.

‘Black Out’ yang bergenre dance pop dimulai dengan fade-in dari layer synth yang intens. Tak hanya sekedar dance pop, ‘Black Out’ juga memiliki unsur groove yang kuat. Pendengar pun tergoyah untuk berdansa pada saat chorus tiba.

Telinga mulai diistirahatkan pada lagu keempat yaitu ‘1, 2, 3, 4, 5’ yang membawakan ballad dengan beat drum yang menenangkan. Album ini pun ditutup dengan lagu bernada ceria dan penuh harapan yaitu ‘To Us’. Lagu yang sekilas terdengar akustik ini juga melibatkan efek suara elektronik yang menarik.

Seusai mendengar mini album ini, pendengar dapat menyimpulkan bahwa VIXX tak lagi melakukan ad-libs hanya pada chorus terakhir. Harmonisasi suara juga tidak lagi menggunakan formasi Leo dan Ken sebagai vokalis utama, tetapi juga mampu mencampurkan suara-suara dari setiap anggota yang memang saling berbeda satu sama lain. VIXX juga sudah berani memasukkan efek suara elektronik ke dalam dua lagu ballad.

Konsep perpaduan budaya tradisional dan modern bukanlah hal yang asing lagi di dunia musik K-pop. Meski begitu, VIXX dapat mengeksekusi konsep ini dengan baik. Mereka juga membuktikan bahwa mereka sudah berlatih keras dalam meningkatkan kemampuan vokal dan juga rap. Lagu ‘Shangri-La’ berhasil menembus tangga lagu Top 5 di Naver dan VIXX pun mendapat pujian atas hasil karya musik mereka dari publik di Korea Selatan.

Label ‘concept-dols’ yang disematkan pada VIXX oleh dunia entertainment Korea Selatan memang bukan isapan jempol belaka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s