Single Album Review: B.A.P – Rose

Comeback B.A.P pada awal tahun ini terasa istimewa bagi fans setia B.A.P karena sang leader, Bang Yongguk, memutuskan untuk kembali tampil di panggung bersama lima anggota lainnya. Yongguk divonis menderita panic disorder beberapa bulan lalu sehingga ia harus beristirahat untuk menyembuhkan penyakit psikisnya yang disinyalir sudah muncul di benak Yongguk sejak tahun 2014 silam. Meski begitu, rintangan tidak menghentikan Yongguk dalam menuangkan idenya ke dalam lirik nan puitis serta alunan musik yang menggema.

8613_600
B.A.P
TS Entertainment/2017
Genre: K-Pop, Electronic, Hip-Hop, Metal

Tracklist:
1. Dystopia
2. Wake Me Up*
3. Diamond 4 Ya

B.A.P merilis single album keenam bertajuk “Rose” yang kembali menguatkan pondasi fleksibilitas B.A.P dalam membawakan lagu dengan berbagai macam genre. Tiga lagu yang ada di single album ini masing-masing menyajikan jenis genre yang berbeda-beda. Di sisi lain, “Rose” terasa seperti single album yang paling personal yang pernah disusun oleh B.A.P. Banyak orang yang menduga bahwa penyebabnya adalah kehadiran Yongguk, tetapi alasan yang sesungguhnya akan terdengar jauh lebih kompleks jika pendengar benar-benar menggali single album ini.

Layaknya menyentuh duri bunga mawar di hutan liar, adrenalin pendengar segera dipompa tanpa ragu di track pertama yang berjudul “Dystopia”. Nu metal yang sudah sekarat, kembali diberi napas kehidupan oleh B.A.P dengan sedikit sentuhan nada pop. Riff gitar yang sangar, teriakan memilukan samar Yoo Youngjae yang diselipkan di post-chorus, dan lirik yang mengekspresikan keputusasaan terhadap kehidupan menjadi pilar penting di “Dystopia”.

Seusai mata terbuka lebar akibat “Dystopia”, telinga pendengar diberi impuls berupa lantunan vokal Jung Daehyun yang indah sebagai intro “Wake Me Up”. Title track ini kentara dengan electronic pop dan lirik yang mengkritisi masyarakat serta harapan dalam membangun dunia baru yang lebih baik. Music video yang diiringi oleh “Wake Me Up” patut diacungi jempol karena menyentuh isu mental illness, keberagaman ras, dan persatuan bangsa. Keanekaragaman ras yang ditunjukkan juga harus diapresiasi karena hal ini jarang terjadi di music video K-pop pada umumnya. Slogan ‘Emotion Revolution’ yang ditekankan pada music video tersebut mampu menggelitik hati tentang revolusi yang harus dilaksanakan jika masyarakat ingin merasakan perubahan.

Sebagai hidangan penutup, pendengar disambut oleh “Diamond 4 Ya” yang menghadirkan nada dance yang groovy namun chill. “Diamond 4 Ya” dibangun oleh komposisi instrumen yang unik dan falsetto dari keempat vokalis yang dibawakan dengan baik. Lirik pada track ini memang membahas percintaan yang terkesan agak klise, tetapi “Diamond 4 Ya” merupakan spin-off yang bagus bagi pendengar.

Overall, “Rose” merupakan single album yang solid meskipun hanya terdiri dari tiga lagu. B.A.P sejauh ini sudah mantap untuk terus melakukan eksperimen terhadap musikalitas sehingga tidak lagi menuruti kemauan tangga lagu di negara asal mereka. Dari segi departemen lirik, B.A.P sudah tidak segan untuk mengekspresikan persepsi mereka secara blak-blakan terhadap segudang permasalahan yang sedang hangat diperbincangkan di dunia. Selain itu, kemampuan merangkai lirik rap dari Zelo semakin berkembang dan Kim Himchan bersama dengan Moon Jongup semakin percaya diri dalam memamerkan vokal mereka.

“Rose” dirilis bukan hanya dalam rangka menyambut Yongguk sang leader, tetapi juga merupakan karya yang berhasil dilahirkan dari perjuangan pahit B.A.P selama ini dalam menuntut keadilan terhadap blantika hiburan Korea Selatan yang keras. Sekali lagi, salut untuk B.A.P!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s