Single Album Review: VIXX – Hades

Comeback VIXX kali ini sukses menghidupkan sebuah hype yang terbilang tinggi di kalangan fans K-pop. Hasil photoshoot dari masing-masing anggota VIXX dan VIXX secara keseluruhan memberikan kesan yang misterius dengan adanya mahkota dan lilitan duri yang menjadi aksesoris setiap anggota. Semenjak highlight tracks medley dan music video teaser dari single album ke-6 bertajuk “Hades” dirilis, VIXX sudah dipastikan akan kembali banting setir ke dark concept. Kerinduan para penikmat K-pop akan nuansa gelap dari VIXX akhirnya dapat dipenuhi.

vixx-hades
VIXX
2016/Jellyfish Entertainment
Genre: K-pop, Dance Pop, Ballad

Tracklist:
1. Fantasy*
2. Love Me Do
3. Butterfly Effect

VIXX merupakan salah satu boyband asal Korea Selatan yang disebut-sebut sebagai raja konsep di blantika dunia K-pop. VIXX telah mengusung berbagai konsep dari literatur fiksi maupun budaya populer dan mereka dapat mengeksekusi ide konsep tersebut dengan baik. Ketika VIXX akan mengangkat sebuah topik sebagai sebuah konsep, mulai dari kostum, musik, lirik, hingga koreografi dansa mampu menyerukan topik tersebut dengan kencang kepada penonton. VIXX sudah mengadaptasi macam-macam konsep yang meliputi superhero, video games, vampir, Hyde/Jekyll, sci-fi, hingga hubungan asmara yang cenderung ke arah BDSM.

Pada tahun 2016, VIXX mempersiapkan sebuah proyek musik yang diberi nama “Conception/Κήρ“. Diperkirakan akan ada tiga single album yang menjadi bagian dari “Conception” yang dirilis pada tahun ini. Proyek ini terinspirasi dari kisah mitologi kuno tentang dewa-dewi Yunani dan nama dari tiga single album tersebut adalah “Zelos/Ζῆλος“, “Hades/ᾍδης“, dan “Kratos/Κράτος“. Album “Zelos” telah dirilis pada bulan April lalu dan “Dynamite” dipilih menjadi sebuah title track dari “Zelos”.

vixx-go-on-a-search-in-conception-opening-trailer

Setiap pecahan dari bentuk hati mewakilkan comeback dari VIXX yang akan dilakukan selama proyek musik ini berlangsung. Selain itu, pecahan bentuk hati dijadikan gambar dasar untuk setiap cover album.

Berbeda dengan “Zelos” yang menyajikan lagu-lagu funky dan warna-warni pastel ceria yang menghiasi albumnya, “Hades” menghadirkan nuansa kelam seperti nama dari album itu sendiri, yang merupakan seorang dewa Yunani penguasa bawah tanah. Seperti single album sebelumnya, “Hades” menghadirkan tiga track dan “Fantasy” dijadikan sebagai title track yang dipromosikan kepada para pendengar.

Petualangan bawah tanah yang gelap dari “Hades” segera dimulai dengan “Fantasy” yang menggunakan “Piano Sonata No. 14 in C-sharp minor ‘Quasi una fantasia’” atau yang lebih akrab disebut sebagai “Moonlight Sonata” ciptaan Ludwig van Beethoven, sebagai sample untuk musik latar yang ditemani dengan unsur musik trap. Chorus lagu ini mampu mengagetkan pendengar karena vokal yang menggelegar dan musik orkestra megah yang memberikan kontras terhadap bagian awal dari lagu. Music video beserta koreografi dansa untuk “Fantasy” juga mampu mengukuhkan kemewahan yang dimiliki oleh “Fantasy”.

Telinga pendengar diistirahatkan sementara pada “Love Me Do” yang menawarkan nada dan beat pop dengan campuran Electronic Dance Music (EDM). Alunan “Love Me Do” yang catchy membuat pendengar terngiang-ngiang dengan lagu ini. Sebagai sajian penutup, VIXX menyanyikan lagu ballad yang bertajuk “Butterfly Effect” yang mengajak semua anggota untuk memamerkan vokal masing-masing.

VIXX kembali mempertahankan takhtanya sebagai boyband Korea Selatan yang dijuluki sebagai raja konsep. Banyak fans yang merasa senang karena lagu dan konsep yang diadaptasi sejalan yaitu sama-sama membahas nuansa kelam. “Fantasy” yang sangat kaya akan lantunan musik orkestra dan lapisan vokal layaknya sebuah choir, juga patut diacungi jempol karena lagu K-pop seperti ini masih jarang ditemui. Dengan “Hades”, ekspektasi para pendengar pun bertambah dan mereka berharap agar VIXX dapat kembali menciptakan lagu yang epic untuk single album selanjutnya yaitu “Kratos”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s