Movie Review: Deadpool

Setelah sekian lama, teman-temanku memberiku rekomendasi film bergenre superhero secara mati-matian. Mereka terus membujukku bahwa aku harus menonton film ini dengan segera karena benar-benar tidak mengecewakan. Ada yang bilang bahwa film ini menyajikan dialog jenaka yang cerdas dan ada juga yang berpendapat bahwa film ini berbeda dengan film superhero lainnya. Sebenarnya, aku sudah tahu siapa Deadpool dan Deadpool memang anti-hero yang terkenal di kalangan pecinta super heroes franchise. Setelah seminggu lebih berlalu, aku akhirnya diberi kesempatan untuk menyaksikan Deadpool di bioskop.

Wade Wilson (diperankan oleh Ryan Reynolds) adalah seorang pembunuh bayaran yang sedang menjalin tali asmara dengan Vanessa (diperankan oleh Morena Baccarin). Tak lama setelah mereka berdua bertemu, Wade divonis mengidap kanker stadium lanjut. Dalam pencarian berbagai cara untuk menyembuhkan kanker Wade, seseorang mendatangi Wade untuk memberikan tawaran bahwa dia dan timnya bisa membuat Wade tak hanya sembuh dari kanker, tetapi juga bisa menjadi lebih baik secara fisik. Di tengah keputusasaan, Wade pun akhirnya menyetujui tawaran yang diberikan oleh orang asing dan tetap berharap bahwa metode penyembuhan ini akan membuahkan hasil.

Jika aku menjelaskan sinopsis Deadpool dengan paragraf di atas, Deadpool terdengar seperti film romantis menginspirasi yang patut memenangkan Oscar. Bagaimana jadinya kalau aku merombak sinopsis Deadpool menjadi seperti pada paragraf selanjutnya?

Superhero yang memiliki kekuatan super bertugas untuk melindungi warganya, membasmi kejahatan, dan kadangkala memaafkan musuh untuk memberikan kesempatan baginya untuk berubah. And there’s this guy. Deadpool adalah seorang anti-hero yang sangat cerewet dan bahkan masih bisa meluangkan waktu untuk mengeluh di tengah pertarungan. Dinding keempat? Apa itu dinding keempat? Deadpool tak hanya merobohkan dinding keempat, dia menghanguskan dan menguapkan dinding keempat berkali-kali selama film berlangsung (termasuk credits dan after credits). Deadpool memiliki kekuatan untuk regenerasi secara cepat sehingga ia dapat digolongkan ke dalam makhluk yang abadi. Oleh karena itu, lelucon dan keluhan yang dilontarkan oleh Deadpool akan hidup selamanya.

Pertama, aku ingin memuji tim marketing film Deadpool. Poster film yang dibuat bisa dibilang cerdas dan unik dan salah satu poster yang kusuka adalah poster film Deadpool sebagai film untuk Valentine’s Day. Tak hanya poster film, trailer, majalah, dan video-video di YouTube pun berhasil mempromosikan Deadpool untuk kalangan masyarakat luas. Sukses besar untuk tim marketing film Deadpool karena Deadpool berhasil mencapai top box office di seluruh dunia pada minggu ini.

landscape-1452594620-deadpool-romcom-banner.jpg

The deceiving Deadpool poster that’s worth a gold

Dari segi filmnya sendiri, film ini merupakan angin segar bagi pencinta film produksi Marvel maupun penonton yang hanya ingin menikmati Deadpool. Walaupun film ini diperuntukkan bagi orang dewasa, film superhero ini menawarkan seorang superhero yang tidak memiliki karakteristik superhero sama sekali dan bagusnya, lawakan cerdas Deadpool mampu menghibur penonton. Plot cerita Deadpool sendiri sebenarnya tidak begitu istimewa karena hampir sama seperti film superhero lainnya, yaitu pembalasan dendam orang-orang yang dicintai. Namun, perjuangan Wade Wilson dalam memerangi kanker dan kisah cinta Wade dengan Vanessa menjadi bumbu romansa yang menyentuh para penonton.

Penyajian karakter Deadpool yang patut diacungi jempol sehingga penonton tidak bosan mengikuti alur plot cerita yang sederhana. Penonton juga tak harus mengetahui identitas dan latar belakang Deadpool sebelum menonton, tetapi beberapa penonton yang tidak mengetahui X-men, Star Wars, dan lainnya, mungkin akan kebingungan terhadap beberapa referensi yang dicantumkan dengan apik ke dalam lawakan Deadpool.

Secara keseluruhan, aku menikmati film Deadpool dan akan senang sekali bila ada sekuel Deadpool. Ya, aku tahu bahwa Wade Wilson pernah bilang bahwa tidak akan ada sekuel karena dananya tidak akan cukup. Meski begitu, semoga film Deadpool menjadi awal revolusi yang menginspirasi film-film superhero untuk menghadirkan konten yang unik namun tetap menghibur penonton.

Rating: 8.5/10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s